Jogja diselimuti oleh Abu gunung Merapi

Posted: 29 Oktober 2010 in kata
Tag:

Erupsi atau letusan Gunung Merapi semalam menggugurkan kubah lava yang terbentuk pada tahun 2006. Guguran kubah lava tersebut bergerak ke arah Selatan dan Barat.

“Untuk arah Selatan menuju Kali Gendol, Kali Krasak, Kali Kuning dan Kali Gedog. Sedangkan yang arah Barat menuju ke Kali Boyong dan Kali Bebeng,” kata Safari, petugas pemantauan di posko Nepos, Kecamatan Srumbung, Magelang, Sabtu (30/10/2010).

Mengenai letusan semalam, Safar menuturkan, terjadi semburan awan panas sebanyak 33 kali. Letusan Merapi membentuk cendawan disertai pijaran vertikal.

“Pada letusan pertama yang terjadi pukul 00.16 WIB, awan panas besar terjadi selama 7 menit menuju Kali Lamat dan Kali Senowo. Pada letusan kedua pukul 00.35 WIB, terjadi awan panas yang lebih besar ke arah Kali Gendol dan Kali Krasak,” ungkap Safari.

Masih menurut Safari, letusan paling besar tercatat pada pukul 00.50 WIB dengan ketinggian asap mencapai 3 km. Getaran letusan juga dapat dirasakan hingga radius 12 km dari Pos Nepos.

Seperti diberitakan sebelumnya, letusan Merapi semalam terdengar sangat keras. Hal tersebut membuat warga yang tinggal di pemukiman maupun pengungsian di sekitar lereng Merapi panik.

Letusan tersebut menyebabkan sejumlah kawasan di sekitar Merapi diselimuti abu vulkanik yang cukup tebal. Hujan abu bahkan sampai ke wilayah Bantul, yang berjarak sekitar 60 Km dari Merapi.

 

sumber:  www.detiknews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s