The Biggest Festival in Jogja

Posted: 27 Agustus 2008 in kata

UKDW (Universitas Kristen Duta Wacana) lagi-lagi akan merayakan Dies Natalis yang ke-46. Banyak acara yang tergabung di dalam event tersebut, salah satunya UKDW Japan Festival 2008 yang merupakan wujud syukur UKM Kyokushin Karate yang genap berumur 3 tahun serta merupakan lanjutan dari acara sebelumnya (UKDW Japan Festival 2007). UKDW Japan Festival 2007 merupakan event jepang-jepangan yang boleh dikatakan terbesar di Jogja tahun 2007.

Pertama kali event Japan Festival diadakan oleh UKM Kyokushin Karate telah membuat kehebohan luar biasa di UKDW. Tidak tanggung-tanggung dalam pengadaan acara, memberikan beragam acara jepang yang sangat memukau penonton penggemar jepang-jepangan maupun penonton yang penasaran dengan kemeriahan UKDW. Seperti Taiko (Kesenian dari Jepang), J-Band, Cosplay & Cabaret, Samurai, dan masih banyak lagi. juga menghadirkan Binaragawan terkenal yaitu Ade Rai. Maka tidak heran jika jumlah pengunjung yang tercatat lebih dari 5000 orang, serta tercatat di berbagai media elektronik (bernas, radar jogja, kedaulatan rakyat, kompas, RBTV) sebagai acara yang benar-benar menghebohkan Yogyakarta. Acara yang diadakan dua hari itu pun penuh sesak dengan kemeriahan yang tidak membosankan.

Menanggapi antusias besarnya penggmar jepang-jepangan terhadap event Japan Festival tahun lalu serta sampai saat ini masih menjadi trend center masyarakat Indonesia, UKM Kyokushin Karate UKDW kembali menyelenggarakan event Japan Festival 2008 dengan visi “The Biggest Festival in Jogja” ini diharapkan akan menyihir lebih banyak pengunjung dengan berbagai acara yang ditawarkan oleh panitia.

Event Japan Festival 2008 akan diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut yaitu tanggal 15-16 November 2008, pukul 09.00 – 21.00 WIB dengan menggunakan seluruh area UKDW. ga kebayang khan, luasnya area yang digunakan? Dari gedung Agape sampai gedung Koinania akan dipakai semuanya!! Ga ada yang kosong dech lahan UKDW, karena panitia menyediakan acara lebih banyak daripada event tahun lalu.mulai dari J-Art Performance yang akan menampilkan Taiko , Bon Odori, Yosokai. Band-band aliran jepang seperti Restu Ibu, Netsubo, The Satpams, Rev De Kei, Waza, sKy NaMi project, Watershield, Yubikiri, Rockusatsu dan D n C yang tidak diragukan lagi performnya akan siap tampil semaksimal mungkin. Fashion Design Contest yang menghadirkan desain-desain anak muda yang di kemas dalam bentuk fashion show. J-Collectors Zone adalah acara untuk bertemunya para otaku (hobbyist) untuk memerkan koleksinya, barter bahkan jualan. Selain acara Demo Kyokushin Karate suguhan dari UKM kyokushin acara yang paling ditunggu- tunggu oleh para pecinta jepang-jepangan adalah Cosplay party dan Cabaret yang akan menghadirkan inovasi dan gebrakana-gebrakan untuk “melahirkan kembali” costume play yang benar-benar dasyat. Berbagai workshop seputar kebudayaan jepang dan trend anak muda pun diadakan yaitu workshop Gundam yang akan melatih daya kreatifitas anak muda untuk merangkai sebuah mainan dari jepang, Workshop Chanoyu akakn menyuguhkan peragaan salah satu warisan kebudayaan tradisional jepang dalam bentuk upacara minum teh. Yang terakhir adalah workshop Guide to Draw Manga yang akan mengjarkan berbagai teknik menggambar komik jepang. Berbagai lomba untuk memeriahkan Japan Festival 2008 pun diadakan yaitu lomba membaca dan menulis hiragana dan katakana, lomba daujinshi (lomba gambar komik jepang), lomba desain uchiwa (lomba gambar/desain kipas musim panas jepang), lomba igo (permainan catur jepang), lomba Yu-Gi-Oh (permainan kartu yang terinspirasi dari anime Yu-Gi-Oh), lomba menghias bento (lomba menghias bekal makan siang dalam wadah), lomba makan dorayaki, lomba cerdas cermat Otaku yang menguji seberapa luas pengetahuan dan wawasan peserta seputar anime, manga, film, tokoh, super hero dan music jepang, lomba karoke jepang, lomba J-Band, Lomba cosplay cabaret, dan yang terakhir adalah lomba untuk yang mengaku fotografer untuk dapat memotret/mengambil angle-angle yang terbaik dalam Japan Festifal 2008 UKDW kemudian diikutsertakan dalam lomba reli foto “Best Angle of Japfest”. Suguhan acara yang non-stop tersebut pun didukung oleh pemutaran film-film jepang berkisar pada anime (kartun jepang) dan Dorama (drama jepang) selama acara Jepan Festival 2008.

Ga kebayang khan? Seberapa hebohnya acara Japan Festival? Ga mo ketinggalan dengan progress acara tersebut khan? e-mail aja ukdwjapfest@gmail.com atau langsung kunjungi situs UKDW Japan Festival 2008 di http://ukdwjapanfestival.tk

enjoy it…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s